Asal-Usul Nama Desa Bukur, yang ada di Kabupaten Tulungagung


SEJARAH DESA, Perjalanan kita kali ini akan menelusuri sejarah suatu desa yang berada di kecamatan Sumberegempol, desa ini terletak di sebelah utara Kecamatan Sumbergempol, jika kita dulu pernah menceritakan Desa Sambirobyong desa Bukur berada tepat disebelah utara, Desa ini benama Desa Bukur.

Jika kita telisik dari website resminya, Desa bukur memiliki situs website resmi yang masih aktif pada saat kita menulisakan artikel ini, di websitenya tertulis bahwa cerita legenda yang turun menurun juga cerita dari para tokoh adat dan masyarakat, Bukur berasal dari kata mBukur yang memiliki arti dengan istilah bahasa jawa yaitu "mungkur".

Orang pertama yang membabat hutan bukur adalah Sunan Glondong atau biasa disebut Mbah Glondong. Beliau adalah salah satu prajurit mataram yang melarikan diri pada waktu terjadi perang. Disebut Mbah Glondong karena biasa tiduran di Glondongan kayu jati bekas hutan. Versi lain menyebutkan bahwa Glondong semakna dengan Nglundung yaitu tiduran tanpa menggunakan alas atau tikar, dan sampai sekarang situs makam Mbah Glondong masih dikeramatkan oleh sebagian warga.

Bersyukur kami belum terlalu kehilangan jejak tentang sejarah desa Bukur ini, seperti daerah lainya, website pemerintah desa yang terkadang sudah tidak ada atau tidak terawat maka desa Bukur ini tergolong masih mempertahankan jejak digitalnya melalui website resmi yaitu http://bukur.tulungagungdaring.id/, begitu juga sumber cerita yang kami ambil sebagian besar adalah bersumber dari website ini, dan beginilah rangkuman cerita sejarah asal usul desa Bukur.