TRADISI JAMASAN PUSAKA TOMBAK KANJENG KYAI UPAS, KABUPATEN TULUNGAGUNG.




SEJARAH/TRADISI, Pemerintah kabupaten Tulungagung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  menyelenggarakan kegiatan Prosesi Jamasan Pusaka Tombak Kyai Upas, yang bertempat di Halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tulungagung. Prosesi ini dihadiri oleh para petinggi khususnya Bupati dan Wakil bupati serta juga ketua DPRD Kabupaten Tulungagung.

Acara ini hanya akan diselenggarakan satu tahun sekali yaitu setiap bulan Suro. Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sekaligus melestarikan budaya para Leluhur. Ketika proses memandikan Pusaka juga ada semacam tahlil diiringi dengan musik gamelan jadi ada dua unsur budaya dan agama itu mereka jadikan satu. Pada sambutannya bupati kabupaten Tulungagung berpesan kepada masyarakat Tulungagung untuk senantiasa menjaga dan memelihara pendopo kanjengan sebagai salah satu tempat “petilasa” sejarah di Kabupaten Tulungagung.

Pada kali ini, kami diberi kesempatan untuk melihat langsung seluruh runtutan prosesi yang ada. Kita juga ingin tau lebih lanjut bagaimana masyarakat dan para Pejabat di Kota Tulungagung benar-benar bertanggung jawab melestarikan Tradisi ini. Itu semua sudah kami sajikan dalam sebuah video vlog yang bisa sobat MotoMideo chek di Video ini.